Senin, 31 Agustus 2009

Tugas IMK : Analisis Principles of UI Design

Web Site : http://www.telkomflexi.com
Halaman Awal : awal

  1. Configurability
    Izin mudah personalisasi, konfigurasi, dan pengaturan konfigurasi ulang untuk melakukan hal berikut:
    • Meningkatkan rasa kontrol.
    • Mendorong peran aktif dalam memahami

    Web www.telkomflexi.com tidak mendukung prinsip user interface configurability karena keseluruhan pengaturan dari antarmuka web ini sudah default, dan tidak dapat dilakukan personalisasi oleh pengguna (user).
  2. Consistency
    Sebuah sistem harus melihat, bertindak, dan mengoperasikan seluruh yang sama. Komponen serupa harus:
    • Memiliki pandangan serupa.
    • Apakah menggunakan serupa.
    • Beroperasi sama.
    • tindakan yang sama harus selalu menghasilkan hasil yang sama.
    • Fungsi unsur tidak boleh berubah.
    • Posisi elemen standar tidak boleh berubah.

    Web telkomflexi mendukung consistency, dapat terlihat dengan kesamaaan tata letak pada setiap halaman. Jika terdapat tata letak yang berbeda, perbedaannya tidak terlalu significant. Dengan adanya prinsip ini, user dapat berfikir dan dapat menganalogikan dan memprediksi bagaimana melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya
  3. Control
    • Pengguna harus mengontrol interaksi.
    • Tindakan harus hasil dari permintaan pengguna secara eksplisit.
    • Tindakan harus dilakukan dengan cepat.
    • Tindakan harus mampu interupsi atau penghentian.
    • Pengguna tidak boleh terganggu untuk kesalahan.
    • Konteks harus dipertahankan dari sudut pandang pengguna.
    • Cara-cara untuk mencapai tujuan harus fleksibel dan kompatibel dengan pengguna keahlian, pengalaman, kebiasaan, dan preferensi.
    • Modus Hindari karena mereka membatasi tindakan yang tersedia bagi pengguna.
    • Izin pengguna untuk menyesuaikan aspek dari penampilan, sementara selalu menyediakan yang layak set default.

    Pada web ini, pengguna akan mendapatkan akses control yang besar, dalam artian pengguna bebas menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam web ini.
  4. Directness
    • Memberikan cara-cara langsung untuk menyelesaikan tugas.
    • Alternatif harus terlihat.
    • Efek tindakan pada objek akan terlihat.
    Pada web ini, user tidak dapat melihat secara langsung (segera) sesaat setelah melakukan aksinya pada objek yang terlihat. Maka, web ini tidak mendukung prinsip directness
  5. Efficiency
    • Minimalkan mata dan gerakan tangan, dan tindakan-tindakan kontrol lainnya.
    • Transisi di antara berbagai sistem kontrol harus mengalir dengan mudah dan bebas.
    • Navigasi jalan harus sesingkat mungkin.
    • Gerakan mata melalui layar harus jelas dan berurutan.
    • Antisipasi pengguna keinginan dan kebutuhan bila memungkinkan.
    Pada web ini navigasi diorganisasikan dengan baik, dan sangat jarang diperlukan transisi dari penggunaan mouse ke keyboard (umumnya hanya menggunakan mouse)
  6. Familiarity
    Dimana suatu system atau aplikasi ini sangat berperan terhadap user yang mana user berfungsi untuk menentukan apakah aplikasi ini layak digunakan atau tidak layak digunakan. Karena dalam suatu system ini sangat memadukan prinsip familiarty yang mana keterbiasaaaan dalam mengunakan suatu system yang mana system akan membantu penguna untuk dapat lebih mengerti tentang system tersebuat.
  7. Flexibility
    Dimana user ini sangat menerapka system flexibility yang menitik beratkan pada ketergampangan pengunaan antara system dengan user. Salah satunya pengunaan pengaksesan melalui mouse. dengan hal itu terlihat bahwa memang user dibatasi. Akan sangat merepotkan untuk user-user yang tidak memiliki mouse.
  8. Forgiveness
    Dalam setiap aplikasi ini juga mengunakan prinsip toleransi terhadap kesalahan baik itu kesalahan dari pihak system atau user.
  9. Immersion

    System ini menitik beratkan kepada user yang mana apakah user dapat terbiasa dalm pengunaan system sehingga dapat focus untuk mengerjakan setiap aplikasi yang ada dan user itu sendiri apakah merasa yakin terhadap yang mereka putuskan.
  10. Obviusness
    Adalah suatu system yang gampang untuk di pahami dan dipelajari baik system atau apklikasi tersebut dan dapat dengan mudah mengimpementasikan apa yang terlah mereka mengerti.
  11. Operability
    Untuk operability Site http://www.telkomflexi.com/ ini bisa dibilang bagus karena setiap menu memiliki pop up submenu lagi yang akan memudahkan user untuk memilih. Selain itu juga dengan adanya pop up menu ini user dapat langsung mengakses halaman page yang diinginkan tanpa perlu lagi membuka halaman page lain sebagai perantara.
  12. Perceptibility
    Untuk perceptibility Site http://www.telkomflexi.com/ ini sudah bagus. Tampilannya yang sederhana memudahkan user untuk menggunakannya. Dengan kata lain site ini memberikan persepsi cara penggunaan yang sama untuk setiap user.
  13. Predictability
    Untuk predictability Site http://www.telkomflexi.com/ ini sangat bagus. Dengan adanya pop up sub menu user secara tidak langsung dituntun untuk menemukan informasi yang diinginkan. Dan user juga tidak terlalu dibebani oleh banyaknya action yang harus dilakukan untuk mencari suatu informasi.
  14. Recovery
    Untuk recovery Site http://www.telkomflexi.com/ ini tidak menyediakan action atau perintah untuk kembali ke menu sebelumnya jika terjadi error sebab dengan pop up sub menu yang tersedia user dapat langsung pindah ke page yang lain jika terjadi error pada page yang dituju.
  15. Responsiveness
    Untuk responsiveness Site http://www.telkomflexi.com/ ini sangat bagus. Dimana begitu memilih submenu maka site akan langsung menuju pagenya
  16. Accessibility
    Web ini didesign dengan design yang simple tetapi dapat digunakan dengan mudah sehingga banyak orang dapat dengan mudah menggunakan site ini. Akan tetapi, site ini tidak menyediakan layanan yang digunakan untuk orang yang kekurangan jasmani seperti orang tunanetra.
  17. Aesthetically Pleasing
    Web ini sudah menyediakan tampilan yang baik, yaitu dengan menggunakan pilihan menu yang terdapat di atas dan di samping sehingga user dapat dengan mudah menggunakan pilihan menu yang ada. Selain itu, juga terdapat gambar yang merujuk ke link yang bersangkutan sehingga membuat web ini tampak sederhana namun masih tetap menarik.
  18. Availability
    Secara keseluruhan web ini sudah mencoba meminimalisir adanya penggunaan scroll, walaupun dibeberapa halaman terdapat scroll untuk menampilkan isi dari web tersebut. Selain itu, semua objek yang terdapat pada web ini ditunjukkan dengan baik dan menggunakan link-link agar data yang muncul di layar tidak terlalu banyak yang nantinya akan membuat user kebingungan karena banyaknya data yang ada.
  19. Clarity
    Web ini memiliki linguistik yang jelas dan konsisten antara halaman satu ke halaman yang lainnya. Misal user ingin mencari sebuah ato beberapa data, maka pada web tersebut terdapat menu search.
  20. Compatibility
    Situs ini cukup compatible karena dapat digunakan oleh user mana saja yang baru saja mengaksesnya. Tampilan yang sederhana membuat user mudah mempelajari menu-menu yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hallo.. Silahkan memberikan komentar yang bisa membangun untuk mengembangkan aplikasi ini.. :)