Senin, 30 November 2009

Laporan Tahap 3

download laporan tahap 3
Preview Version

Pemilihan kontrol

Pada aplikasi berbasis mobile “mac muc” ini, pemilihan kontrol sebagai komponen utama pengendalian aplikasi oleh user. Sebagai mana telah dibahas sebelumnya, aplikasi yang berbasis mobile memiliki keterbatasan dalam hal kontrol. Adapun pemilihan kontrol dalam aplikasi berikut dapat diuraikan berdasarkan komponen-komponen aplikasi antara lain :
  • Tombol Menu
    Kontrol utama pada setiap device (merek) akan berbeda. Menu tautan untuk ke fitur yang lebih ukan akan diletakan pada tombol dengan angka prioritas terendah (artinya memiliki prioritas tertinggi, biasanya akan berbeda pada setiap merek handphone). Dalam hal ini user dapat memilih atau menggunakan tombol tengah yang akan mengarahkan pada menu prioritas utama.
    Sedangkan untuk menu-menu yang lain akan disimpan dalam group “menu”. Menu dengan efek fatal seperti exit akan diletakan pada menu paling akhir/paling bawah.
    Contoh pemilihan kontrol pada tombol menu :


  • Text field
    Text field yang berada pada posisi paling atas akan ditempatkan sebagai kontrol utama. Untuk memindahkan control text field yang sedang disorot, dapat menggunakan tombol up-down-left-right pada keypad handphone
  • String item
    Contoh implementasi string item pada aplikasi ini adalah pada halaman news. Pada halaman news, kontrol untuk string item pertama-tama akan diletakan pada string item pertama yang berada di posisi paling atas. Kemudian seperti pada perancangan control untuk text field, dapat menggunakan tombol up-down-left-right pada keypad handphone untuk pemindahan kontrolnya. Dalam hal ini string item juga dapat berfungsi sebagai button yang memiliki aksi apabila dipilih. Contoh aksinya salah satunya adalah berpindah ke halaman lain.

Perancangan teks dan pesan

Pada aplikasi berbasis mobile ini, text akan ditampilkan sesuai dengan ukuran dan jenis fonr default device. Dengan menyesuaikan dengan default device maka aplikasi ini tidak akan mengalami masalah walaupun diinstal dalam device yang bermacam-macam
Sedangkan pesan sebagai panduan dalam mengatasi kesalahan atau error akan dibuat pada fungsionalitas berikut :
  • Login (kesalahan input data)
  • Register (kesalahan input data)
  • Pesan error untuk gagal koneksi ke server
  • Pesan error untuk missing link (fungsionalitas berikut)

Perancangan feedback dan panduan

Feedback akan dirancang dengan memanipulasi perubahan warna, misalnya untuk menu yang sedang disorot, akan berubah warna menjadi lebih gelap. Kemudian untuk textfield yang sedang aktif akan dimanipulasi warnanya sehingga tampil lebih menjorok ke dalam.

Perancangan grafis, ikon, gambar, dan warna

Aplikasi berbasis mobile memiliki keterbatasan dalam hal menampilkan icon, penggunaan grafis serta warna. Pada aplikasi “mac muc” ini warna yang ditampilkan akan seminimal mungkin dan sebisa mungkin tidak menghambat performansi saat mendownload data (karena aplikasi ini menggunakan jaringan internet). Gambar hanya akan ditampilkan pada awal untuk menunjukan aplikasi yang sedang dipakai. Tujuan dari aplikasi ini adalah sebagai penyedia informasi sehingga focus aplikasi ini adalah menyampaikan informasi secara benar dan cepat, sehingga dapat mengesampingkan gambar, ikon, serta keberagaman warna yang digunakan untuk aplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hallo.. Silahkan memberikan komentar yang bisa membangun untuk mengembangkan aplikasi ini.. :)